http://goldenaway.blogspot.co.id/ 



              Agar Perusahaan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan untuk mencapai suatu sasaran yang diinginkan, baik sasaran jangka pendek maupun jangka panjang, maka perlu adanya pedoman/metode/ dasar/aturan yang harus dijalankan secara benar oleh semua level ( Top manajemen, manajemen dan Karyawan) disemua unit Divisi.
            StandardOperating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi )mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.
1.      Sebagai standard yang digunakan pegawai untuk melakukan tugas-tugasnya sehingga lebih terarah dan tepat guna.
2.      Mengurangi faktor kesalahan dan ketidak tertiban pengawai.
3.      Menambah efisiensi dan efektifitas pegawai baik secara individu maupun kelompok.
4.      Memupuk kemandirian pengawai sehingga tidak selalu tergantung pada manajemen/pimpinan dalam menjalankan tugasnya.
5.      Menciptakan ukuran standar kerja yang dapat dipakai oleh pegawai untuk mengevaluasi dan memperbaiki kemampuannya.
6.      Memberikan informasi mengenai peningkatan kompetensi pegawai.
Untuk melaksanakan hal tersebut perlu adanya prinsip – prinsip dalam Mendevelop SOP, yang terdiri :


1. Kemudahan dan kejelasan.

2. Efisiensi dan efektivitas.

3. Keselarasan.

4. Keterukuran.

5. Dinamis.

6. Berorientasi pada pengguna (mereka yang dilayani).

7. Kepatuhan hukum.

8. Kepastian hukum.


PRINSIP PELAKSANAAN SOP

1. Komitmen.

2. Konsisten.

3. Perbaikan berkelanjutan.

4. Mengikat.

5. Seluruh unsur memiliki peran penting.

6. Terdokumentasi dengan baik.




1.      SOP tidak terdokumantasi

2.      Terdokumantasi tapi tidak link ke departeman lainnya (Departemen

3.      Tidak adanya komitmen dari manajemen, baik dari level atas sampai level bawah.

RUANG LINGKUP SOP

Melingkupi semua proses yang terjadi dalam suatu perusahaan baik administrasi maupun tindakan langsung, baik internal maupun eksternal perusahaan yang dilaksanakan oleh tiap-tiap unit departemen.

JENIS SOP

1.      SOP TEKNIS :  Lebih terinci dan dan bersifat teknis

2.      SOP NON TEKNIS : yang diperuntukan untuk pekerjaan-pekerjaan yang bersifat administratif.

FORMAT SOP

1.      Sederhana ( Simple Step )

-          Disusun hanya memuat sedikit tindakan dan penyelesaian yang sederhana.

2.      Tahapan Berurutan ( Hierarchical Step )

-          Merupakan pengembangan dari simple step, yang merlukan pembahasan lebih panjang dan detail. Langkah-langkah yang telah diidentifikasikan dibagi menjadi sub per sub secara terinci.

3.      Grafik ( Graphic ), banyak di temukan pada perusahaan BUMN

Diagram Alur ( Flowcharts)


System Pendukung SOP dapat berjalan dengan baik dan benar:

  1. Jobs Disc ( setiap department yang terkait dengan SOP tersebut)
  2. KPI ( Key Performance Indicator )

Demikian sedikit pemaparan kami tentang SOP, yang dapat dipakai sebagai bahan referensi anda untuk melakukan pembuatan SOP yang lebih baik.


JASA KONSULTAN SOP I SOP Consultant 
http://www.dpkonsultan.com/konsultan-sop-jasa-penyusunan-sop-jasa-penbuatan-jobs-desc-sop-standard-operational-prosedure/

Apa bila bapak/ibu membutuhkan jasa consultant yang memiliki integritas tinggi juga telah berpengalaman serta di dukung oleh jasa consultant yang berpengalaman di bidang jasa dan industri, maka kamilah Yang bapak/ibu butuhkan.

 Kami sangat terhormat dan merasa berkewajiban sebagai sebuah perusahaan consultan  untuk membantu dalam memberikan solusi atas segala permasalahan dalam perusahaan bapak/ibu. Silahkan hubungi kami di:

 
BISNIS STRATEGI DAN ISO SERTIFIKASI | 081380163185 © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top