Agar Perusahaan dapat berjalan dengan
baik dan sesuai dengan aturan untuk mencapai suatu sasaran yang diinginkan, baik
sasaran jangka pendek maupun jangka panjang, maka perlu adanya pedoman/metode/ dasar/aturan
yang harus dijalankan secara benar oleh semua level ( Top manajemen, manajemen
dan Karyawan) disemua unit Divisi.
StandardOperating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi
)mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana
dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.
1. Sebagai standard
yang digunakan pegawai untuk melakukan tugas-tugasnya sehingga lebih terarah
dan tepat guna.
2. Mengurangi
faktor kesalahan dan ketidak tertiban pengawai.
3. Menambah
efisiensi dan efektifitas pegawai baik secara individu maupun kelompok.
4. Memupuk
kemandirian pengawai sehingga tidak selalu tergantung pada manajemen/pimpinan
dalam menjalankan tugasnya.
5. Menciptakan
ukuran standar kerja yang dapat dipakai oleh pegawai untuk mengevaluasi dan
memperbaiki kemampuannya.
6. Memberikan
informasi mengenai peningkatan kompetensi pegawai.
Untuk melaksanakan hal tersebut perlu adanya prinsip –
prinsip dalam Mendevelop SOP,
yang terdiri :
1.
Kemudahan dan kejelasan.
2.
Efisiensi dan efektivitas.
3.
Keselarasan.
4.
Keterukuran.
5.
Dinamis.
6.
Berorientasi pada pengguna (mereka yang dilayani).
7.
Kepatuhan hukum.
8. Kepastian
hukum.
PRINSIP PELAKSANAAN SOP
1.
Komitmen.
2.
Konsisten.
3.
Perbaikan berkelanjutan.
4.
Mengikat.
5.
Seluruh unsur memiliki peran penting.
6.
Terdokumentasi dengan baik.
2. Terdokumantasi
tapi tidak link ke departeman lainnya
(Departemen
3. Tidak adanya komitmen dari manajemen, baik dari level atas
sampai level bawah.
RUANG LINGKUP SOP
Melingkupi semua proses yang terjadi dalam suatu perusahaan
baik administrasi maupun tindakan langsung, baik internal maupun eksternal
perusahaan yang dilaksanakan oleh tiap-tiap unit departemen.
JENIS SOP
FORMAT SOP
1. Sederhana
( Simple Step )
-
Disusun hanya memuat sedikit tindakan dan penyelesaian
yang sederhana.
2.
Tahapan Berurutan ( Hierarchical Step )
-
Merupakan pengembangan dari simple step, yang merlukan
pembahasan lebih panjang dan detail. Langkah-langkah yang telah
diidentifikasikan dibagi menjadi sub per sub secara terinci.
3.
Grafik ( Graphic ), banyak di temukan pada
perusahaan BUMN
Diagram Alur (
Flowcharts)
System Pendukung SOP
dapat berjalan dengan baik dan benar:
- Jobs Disc ( setiap department yang terkait dengan SOP tersebut)
- KPI ( Key Performance Indicator )
Demikian sedikit pemaparan kami
tentang SOP,
yang dapat dipakai sebagai bahan referensi anda untuk melakukan pembuatan SOP
yang lebih baik.
Apa bila bapak/ibu membutuhkan jasa
consultant yang memiliki integritas tinggi juga telah berpengalaman serta di
dukung oleh jasa consultant yang berpengalaman di bidang jasa dan industri,
maka kamilah Yang bapak/ibu butuhkan.
Kami sangat terhormat dan merasa berkewajiban
sebagai sebuah perusahaan consultan
untuk membantu dalam memberikan solusi atas segala permasalahan dalam
perusahaan bapak/ibu. Silahkan hubungi kami di:
0 komentar:
Posting Komentar
TELP +6281380163185 / +6287884302987
ISO Consultants,Training ISO 9001,Sertifikat ISO9001:2008,Sistem Manajemen Mutu,QMS, Konsultan ISO,Pelatihan,ISO14001,ISO27000, hccp, gmp, ISO 22000,FSSC 22000,SA 8000,OHSAS18001,ISO50001,5S, Sig Sigma,BSC,SOP, Feasibility study, HR sistem, Recruitment, Apraisal, Risk management, bpom, ukl/upl, halal