Menjadikan Departemen SDM sebagai “ Strategic Partner” Perusahaan dengan " HR Scorecard"

            BRIAN, mrk dan Dave dalam bukunya The HR Scorecard Menceritakan jawaban seorang CEO ketika di Tanya bagaimana ia melibatkan Exsekutif SDM Nya dalam mengelola tantangan bisnis ke depan. Sang CEO mengatakan “ Exsekutif SDM  saya memang berbakat, dia telah meluncurkan sebuah teknik-teknik pengelolaan SDM yang luar biasa. Perecrutan yang inovatif, system pengajian berbasis kinerja, dan komunikasi yang intensif, tetapi saya tidak melihat relevansi tersebut dengan masalah tantangan bisnis yang saya hadapi termasuk mengubah persepsi investor terhadap nilai pasar perusahaan.”

Buku tersebut telah diterbitkan lebih dari 10 tahun yang lalu, tetapi dalam kenyataannya sampai sekarang masih banyak CEO perusahaan yang masih memiliki pola pikir yang sama.  Hal tersebut semangkin di perburuk ketika exsekutif SDM di perusahaan juga memiliki paradigm yang sama. Oleh karena itu, mengabil mata rantai apa yang hilang antara peran department SDM dan keterkaitannya dengan bisnis.

Sebuah contoh, perbaikan paredigma telah di lakukan oleh SEARS dengan menyatakan visinya yang insviratif.  Bagi SEARS, untuk menjadikan tempat yang sulit di tolak investor, perusahaan mula-mula harus menjadi tempat berbelanja yang sulit di tolak. Agar menjadi tempat berbelanja yang sulit di tolak, perusahaan harus menjadi tempat bekerja yang sulit di tolak.  Jadi, bagi sears, menjadi perusahaan tempat bekerja yang sulit di tolak merupakan sarana untuk menjadi perusahaan yang sulit di tolak investor.

            Beberapa perusahaan Blue chip di Indonesia telah lama menempatkan SDM sebagai sebuah asset.  Salah satu factor utama yang menjadi kunci utama yang menjadika kunci sukses perusahaan adalah bagaimana mengelola INTANGIBLE asset tersebut menjadi sebuah Tanggible asset.

Mengelola Intangible asset menjadi sebuah Tangible asset bukanlah sesuatu yang mudah. DAVE Ulrich, salah satu guru management SDM mengatakan, hal pertama yang paling penting adalah mengubah paradigm tentang peranan departemen SDM.  Peran department SDM sudah harus melakukan pergeseran dari tradisional yang hanya sebagai administration expert atau pengelola fungsi2 administrasi, menjadi peran yang lebih tinggi lagi yaitu sebagai “ Strategic partner”, atau partner perusahaan dalam mengelola strategi. Dengan perannya yang baru tersebut di perlukan sebuah keselarasan. Departemen SDM juga harus mengetahui arah dan strategi perusahaan serta hubungan antara fungsi2 SDM secara langsung dengan strategi dan tujuan perusahaan.

            Peran dan fungsi sebagai Strategic partner, yaitu menelaah keterkaitan antara strategic perusahaan dan fungsi2 yang harus dilakukan oleh divisi SDM, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pencapaian kinerja perusahaan secara sistematis melalui alat yang terukur. Bagi perusahaan yang telah mengimflementasikan “ Balanced Scorecard”, membuat alat ukur kerja divisi SDM atau HR Scorecard yang berkaitan langsung dengan kinerja perusahaan adalah keharusan. Hr Scorecard adalah mengambarkan bagaimana strategi department SDM dalam menunjang pencapaian perusahaan, yang dilengkapi dengan alat ukur kuantitatif sebagai indicator pencapaian sasaran strategis departemen, yang di sertai dengan target yang jelas dan bagaimana inisiatif untuk mencapainya termasuk peta trategi yang berhadap(link) dan jelas.

Ada sebuah contoh jika dahulu salah satu cara perusahaan melihat kinerja department SDM dengan mengukur berapa hari di butuhkan untuk mencari “ replacement salesman” yang keluar. Maka dengan paradigm yang baru sebagai” strategi partner” dan bantuan HR Scorecard, Ukurannya mulai diganti dengan “ opportunity Lost” atau nilai kehilangan pendapatan perusahaan ketika ada seseorang salesmen mengundurkan diri.  Apa perbedaannya?, perbedaannya adalah, yang kedua sangatlah memerlukan keperdulian akan tujuan utama perusahaan  yaitu “ sebagai Profit oriented organization” yang sangat penting untuk mendapatkan Revenue, sedangkan yang pertama tidak. So, bagaimana dengan perusahaan anda????

Sumber tulisan:  harian Kompas (sabtu, 6 april 2013)

Consultasi:

Apakah bapak/ibu membutuhkan tenaga konsultan yang professional, jujur dan transfaran?, silahkan hubungi kami sekarang juga:


http://strategibisnisdanisoseries.wordpress.com/2013/01/30/company-profile-of-sien-consultant/

Ali pur

Sien Consultant



mobile at: +62813801.63185

                   + 6221. 9856.7515

Email at : purbaali192@ymail.com
 
BISNIS STRATEGI DAN ISO SERTIFIKASI | 081380163185 © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top