adalah perusahaan yang menjadi perusahaan utama yang membawahi beberapa perusahaan yang tergabung ke dalam satu grup perusahaan. Dengan melakukan pengelompokan perusahaan ke dalam induk perusahaan, dengan tujuan terjadinya peningkatan atau penciptaan nilai pasar perusahaan (market value creation) berdasarkan line bisnis perusahaan.
Atau terjemahan lain adalah sebuah perusahaan yang bertujuan untuk memeliki saham dalam satu atau lebih perusahaan lain (mengatur).

Contohnya: Perusahaan IBM mengakuisisi Diligent Technologies, yang mana bergerak pada bidang tehnologi penyimpanan de-duplikasi. Melalui akuisisi tersebut, diligent teknologi dan pegawai otomatis akan menjadi bagian dari unit bisnis IBM System Storage, IBM systems dan technology group

2.      Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah bentuk organisasi secara keseluruhan,yang merupakan gambaran mengenai kesatuan dari berbagai segmen organisasi yang masing-masing dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kondisi lingkungan, ukuran, line bisnis, jenis teknologi yang digunakan, dan juga sasaran yang hendak dicapai (Lubis, S. B . Hari 2005 )

Struktur organisasi merupakan bentuk organisasi yang dirancang dengan  memperhatikan akiba t dari pengaruh keseluruhan faktor-faktor tersebut secara bersamaan. Terdapat empat komponen dasar yang berperan sebagai kerangka dari definisistruktur organisasi yaitu:.

1.      Struktur organisasi memberikan gambaran mengeani pembagian tugas serta tanggung jawab kepada individu maupun bagian-bagian pada suatu organisasi.
2.      Struktur organisasi memberikan gambaran mengenai hubungan pelaporan yang ditetapkan secara resmi dalam suatu organisasi.
3.      Adanya visi dan misi holding yang jelas dan satu

4.   Struktur organisasi menetapkan pengelompokkan individu menjadi bagian organisasi dan pengelompokkan bagian-bagian organisasi menjadi suatu organisasi yang utuh.

4.              Struktur organisasi juga menetapkan sistem hubungan dalam organisasiyang memungkinkan tercapainya komunikasi, koordinasi, dan pengintegrasian segenap kegiatan organisasi baik ke arah vertikal maupun horizontal.
5.              Dan masih banyak lagi



3.      Ciri-ciri perusahaan induk / holding company

1.      Memiliki induk perusahaan yaitu holding company itu sendiri
2.      Memiliki anak perusahaan, yaitu badan2 usaha yang di kuasainya
3.      Menyerahkan pengelolaan bisnis yang di miliki kepada manajemen yang terpisah dari manajemen holding
4.      Menguasai mayoritas saham dari masing2 saham di anak perusahaan holding serta mengendalikan semua proses bisnis dari masing2 anak perusahaan tersebut.
5.    Setiap anak perusahaan holding memiliki line bisnis yang berbeda-beda. Yang di mana hubungan antara induk perusahaan dengan anak perusahaan di sebut hubungan affiliasi

4.      Keunggulan sistem holding company
Adapun keunggulan dari sistem holding company/perusahaan induk, menurut Bringham and houston adalah:
1.      Memungkinkannya holding memiliki saham dari perusahaan lain sebesar 50%, atau lebih yang dalam prakteknya akan mencukupi holding company untuk mengendalikan semua proses bisnis dari saham perusahaan yang di beli. Pengendalian proses bisnis sering di ukur dari persentasi dari kepemilikan saham.
2.      Perusahaan holding akan bekerja lebih efective dan efesien, dan profesional dalam proses bisnis dari semua masing anak perusahaan holding
3.      Memiliki visi, misi dan target juga sistem manajemen yang lebih terarah.
4.      Lebih mendapatkan keuntungan perpajakan, hukum , juga sosil (image di mata client)
5.      Menaikkan nilai pasar dari saham yang di miliki
6.      Meningkatkan citra juga reputasi perusahaan serta peningkatan pelayanan kepada pelanggan
7.      Dan lain-lain

5.      Kelemahan sistem Holding company
1.      Pajak berganda parsial
Untuk di USA apabila holding company memiliki saham kurang dari 80 % anak perusahaan maka perusahaan holding mendapat pembetiyahuan pajak yang terkonsolidasi. Begitu juga sebaliknya
1.1  Apabila holding kepemilikan sahamnya kurang dari 80 %  dari anak perusahaan, maka surat pemberitahuan pajak tidak dapat di konsolidaskan. Sementara
1.2. Apabila kepemilikan saham lebih dari 20% tetapi kurang dari 80% maka hanya deviden yang diterima, demikian juga
1.3.Jika hanya kepemilikan saham kurang dari 20% maka holding hanya dapat 70% dari deviden yang di terima.
1.4. Akan lebih mudah di minta untuk sehera melepaskan kepemilikan saham pada anah perusahaan hanya apabila kepemilikan saham itu melanggar undang-undang antitrust, demikian juga sebaliknya, apabila telah menjalin hubungan yang baik maka kemungkinan tersebut akan relativ kecil.
Penawaran

Dalam hal ini kami sebagai perusahaan consultant yang cukup berpengalam menawarkan jasa konsultasi dalam hal mulai dari penyusunan struktur company, sop semua departemen secara terintegrasi dalam holding, hr sistemnya , penyusunan analisa jabatan, Jobs greading dan lain-lain.
Dalam penyusunan dokumentasi tersebut akan di lakukan dengan custemize yang menurut budaya kerja perusahaan.
Untuk detail tentang holding company ini, silahkam menghubungi kami di no:


0 komentar:

Posting Komentar

TELP +6281380163185 / +6287884302987
ISO Consultants,Training ISO 9001,Sertifikat ISO9001:2008,Sistem Manajemen Mutu,QMS, Konsultan ISO,Pelatihan,ISO14001,ISO27000, hccp, gmp, ISO 22000,FSSC 22000,SA 8000,OHSAS18001,ISO50001,5S, Sig Sigma,BSC,SOP, Feasibility study, HR sistem, Recruitment, Apraisal, Risk management, bpom, ukl/upl, halal

 
BISNIS STRATEGI DAN ISO SERTIFIKASI | 081380163185 © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top